default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

China dan AS Sepakat Akhiri Perang Dagang

China dan AS Sepakat Akhiri Perang Dagang
Internasional
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping Berjabat Tangan Tanda Akhiri Perang Dagang. (Foto:Reuters)
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JEPANG - Amerika Serikat dan China sepakat untuk memulai kembali perundingan perdagangan saat pertemuan G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/06/2019). Washington tidak akan memungut tarif baru untuk ekspor China.

Dilansir dari Reuters, dalam sengketa mereka yang hampir setahun terakhir, kedua negara telah mengenakan tarif miliaran dolar dari impor satu sama lain, mengganggu jalur pasokan global, mengguncang pasar dan menyeret pertumbuhan ekonomi global. 

“Kami segera kembali ke jalurnya dan kami akan melihat apa yang terjadi,” Kata Presiden AS Donald Trump usai bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin Kelompok 20 (G20) ekonomi utama di Jepang. 

"Pertemuan 80 menit dengan Xi adalah luar biasa, sebaik yang akan terjadi," tambah Trump. 

Dalam sebuah pernyataan panjang tentang perundingan, kementerian luar negeri China mengatakan Amerika Serikat tidak akan menambah tarif baru pada ekspor China, dan menambahkan bahwa negosiator kedua negara akan membahas masalah-masalah spesifik, tetapi tidak memberikan rincian. 

Presiden China Xi Jinping berharap Amerika Serikat dapat memperlakukan perusahaan China secara adil.

"Mengenai masalah kedaulatan dan rasa hormat, Tiongkok harus menjaga kepentingan intinya," kata Xi.

Sebelum pembicaraan, Trump telah mengancam untuk memperpanjang tarif yang ada untuk mencakup hampir semua impor dari Cina ke Amerika Serikat jika pertemuan tersebut tidak membawa kemajuan pada tuntutan luas AS untuk reformasi ekonomi. 

Perselisihan, yang termasuk perselisihan tentang Huawei Technologies Co juga mengipasi kekhawatiran akan mengancam pertumbuhan global. Pasar keuangan kemungkinan akan menyambut berita baik tersebut. 

"Kembali ke negosiasi adalah berita baik bagi komunitas bisnis dan mengembuskan kepastian yang sangat dibutuhkan ke dalam hubungan yang perlahan memburuk," kata Jacob Parker, Wakil Presiden Operasi China di Dewan Bisnis AS-China. 

"Sekarang tiba kerja keras untuk menemukan konsensus tentang masalah yang paling sulit dalam hubungan, tetapi dengan komitmen dari atas kami berharap ini akan menempatkan kedua belah pihak pada jalan yang berkesinambungan menuju resolusi," katanya.


Kontributor : Swandy Tambunan
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar