Menyebar Fakta Terkait Galian C Oleh Sebuah Perusahaan, Asbar Dicekik Oknum Kades Bobisingo, Halmahera Utara.

Menyebar Fakta Terkait Galian C Oleh Sebuah Perusahaan, Asbar Dicekik Oknum Kades Bobisingo, Halmahera Utara.
Peristiwa Daerah
Asbar saat ditemui dirumahnya oleh Wartawan

TOBELO - Alih alih menyampaikan aspirasi lewat selebaran, Asbar Kuseke pemuda asal Desa Bobisingo Kecamatan  Galela Utara, Kebupaten Halmahera Utara. Provinsi Maluku Utara ini,  saat melakukan klarifikasi surat selebaran, pada pertemuan dengan aparat Desa setempat.

Dirinya dipanggil oleh pihak Desa dikala itu, karena dituding telah menyebarkan isu tidak benar terkait keberadaan PT Berindah Perkasa Jaya salah satu  perusahan yang bergerak dibidang pengolahan material bebatuan (galian C) yang berlokasi di Desa Bobisingo. 

Asbar yang di temui di Kediamannya, Jumat (10/07/2020) mengaku, diperlakukan kasar oleh Kepala Desa yaitu dengan mencekik leher serta mendorong dan memaksa agar segera membaca selebaran tersebut. Bukan hanya itu, dirinya juga di tarik oleh ketua BPD hingga pakaiannya robek. 

"saya dijemput di tempat kerja, pada hari Selasa(07/07/2020) pukul 10:00 wit
sementara masih ada campuran semen  saya tinggalkan menuju Kantor Desa sesampainya di sana saya dicerca beberapa pertanyaan yang menyudutkan saya. di depan masyarakat Desa saya diperlakukan kasar, saya di cekik, di tarik baju saya hingga robek  serta makian oleh Kades setempat," ungkap Asbar yang juga aktif sebagai aktifis di salah satu organisasi kepemudaan di Desa itu. 

Dia menambahkan,  sebagai warga asli di Desa itu dirinya berhak menyuarakan kebenaran agar masyarakat setempat tahu keberadaan PT. BPJ memenuhi kewajibannya sesuai undang undang pertambangan yang berlaku. 

Diketahui, kasus kekerasan yang di alami Asbar Warga Desa Bobisingo Kecamatan Galela Utara Kabupaten Halmahera Utara telah di laporkan ke Kepolisian setempat.


Kontributor : Semuel Latumanase
Editor : Marwan Pakaya
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar