Kapolda Jatim Tinjau Kampung Tangguh Pencegahan Covid-19 di Gresik

Kapolda Jatim Tinjau Kampung Tangguh Pencegahan Covid-19 di Gresik
Peristiwa Daerah
Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran didampingi Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, Bupati Sambari dan Dandim 0817 Letkol Inf Budi Handoko saat meninjau kampung tangguh di Cerme Kidul.

GRESIK - Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, ditunjuk sebagai kampung tangguh. Alasannya, tidak ada pasien positif Covid-19 di desa tersebut. 

Selain itu, seluruh masyarakatnya sudah sadar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Keamanan dan kebersihan kampung ini juga sudah tertata dengan baik.

Masyarakat sudah bisa mandiri bergotong royong mencegah penularan Covid-19. Phsical distancing benar-benar diterapkan. 

Setiap hari sudah terjadwal warga yang bertugas di Pos Jaga. Terbagi menjadi 3 shif dan masing-masinf berjumlah 3 orang. Disana, juga tersedia nomor telepon penting dan daftar jaga serta buku mutasi.

"Semua tercatat dengan rapi warga yang keluar masuk kampung tangguh. Sesama warga saling mengingatkan untuk memakai masker," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran saat meninjau Kampung Tangguh, Kamis (28/5/2020) malam.

Orang nomor satu di Kepolisian Jawa Timur itu juga meninjau lumbung pangan yang digunakan untuk menyimpan sembako dari masyarakat. Nantinya, diperuntukan kepada warga yang kurang mampu.

Selanjutnya, ruang observasi Covid-19 yang dijaga oleh dokter atau bidan siap melayani masyarakat yang sakit. Ruang tersebut berisi lengkap alat kesehatan. Warga yang mengalami sakit serius langsung dirujuk ke Puskesmas Cerme.

"Setiap depan rumah warga telah dipasang wastafel. Yang menarik lagi, takmir mushola selalu menghimbau warga untuk mematuhi PSBB. Terutama saat jam malam. Masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah," imbuhnya.

Selain itu, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menambahkan, setiap kecamatan di gresik memiliki 3 kampung tangguh. Total sampai saat ini masih ada 54 kampung tangguh.

Pihaknya berharap, kampung tangguh ini dapat menular ke desa/kelurahan yang lain. Sehingga bisa menciptakan kecamatan tangguh hingga kabupaten tangguh.

"Ini menjadi rujukan role model. Untuk bisa menjadi kampung tangguh masyarakatnya harus sadar kesehatan. Dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," pungkasnya.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar