BPN Gresik Resmikan Loket New Normal dan Loket Investasi

BPN Gresik Resmikan Loket New Normal dan Loket Investasi
Peristiwa Daerah
Peresmian Loket New Normal dan Loket Investasi di Kantor BPN Gresik

GRESIK – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik meresmikan loket ‘new normal’ dan ‘loket investasi’ untuk menyambut kehidupan baru atau ‘new normal’. Keduanya akan dibuka secara normal dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19.

Kepala BPN Gresik, Asep Heri menjelaskan, loket new normal merupakan standar pelayanan pertanahan dengan menerapkan protokol kesehatan. Meski dibuka normal, terdapat perubahan penataan posisi. 

Membatasi jumlah kapasitas pemohon, menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter. Wajib memakai masker, pengecekan suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Selanjutnya, pengambilan nomor antrian berbasis online yang dapat ditentukan nomor, jenis dan perkiraan waktu akan dilayani oleh petugas.

Salain itu, loket investasi. Loket ini telah dilakukan uji coba selama tiga bulan terakhir mulai awal Maret 2020. Penambahan loket investasi ini untuk percepatan pembangunan ekonomi di Kabupaten Gresik sebagaimana di amanahkan dalam Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan (Gerbangkertosusilo), Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Gresik tumbuh pesat dengan adanya 2 (dua) Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (sepanjang 38,3 km) dan Kawasan Industri Java Integrated Industrial Port Estate
(JIIPE) Gresik yang tertuang di dalam Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018 dengan nilai investasi sebesar Rp. 460,9 triliun.

“Sebagai permulaan, loket investasi hadir sebagai komitmen pemberian layanan pertanahan bagi badan usaha yang akan berinvestasi di kawasan industri Gresik. Termasuk Proyek Strategis Nasional sebagaimana tertuang dalam Perpres 56 Tahun 2018 dan menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Industri Provinsi Jawa Timur,” papar Asep.

Peresmian dua loket ini disambut baik oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Heri Santoso. Pasalnya, BPN Gresik kali pertama yang meresmikan loket new normal dan loket investasi. “Pelayanan di Gresik tinggi, pelayanan jangan sampai terganggu,” kata Heri Santoso.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar